Berbagi Informasi Tentang Dunia Perekeretaapian Dan Penerbangan

Rabu, 27 Januari 2016

Groundbreaking Kereta Cepat oleh Presiden RI

Pada Kamis (21/1), telah dilaksanakan groundbreaking pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung oleh Presiden RI Joko Widodo di Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat. Proyek tersebut diprakarsai oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) yang merupakan perusahaan konsorsium antara 4 perusahaan BUMN Indonesia termasuk PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan China Railway International Co Ltd. Menurut Direktur Utama PT KCIC Hanggoro Budi Wiryawan, setelah groundbreaking kereta cepat, pihaknya langsung akan melakukan pengerjaan konstruksi. Hal ini dilakukan untuk mengejar target konstruksi tahun 2018, sehingga kereta cepat sudah bisa beroperasi tahun 2019 mendatang. Dalam sambutannya Joko Widodo menjelaskan alasan tak mau melibatkan APBN dalam konstruksi proyek senilai lebih dari Rp 70 triliun. "Kenapa saya tidak mau kereta cepat pakai APBN, dan tanpa jaminan pemerintah. Karena APBN akan kita titikberatkan kepada pembangunan infrastruktur di luar Jawa," ujar Jokowi.


Presiden RI Joko Widodo beserta pejabat terkait saat penekanan sirine sebagai simbolis groundbreaking pembangunan kereta cepat

Ia menyebutkan, kereta cepat Jakarta–Bandung akan menghubungkan 4 stasiun, yaitu Halim, Karawang, Walini, dan Tegalluar, tidak jauh dari kawasan Gedebage yang nantinya akan menjadi pusat pemerintahan kota Bandung. Total panjang jalur yang dilalui oleh kereta cepat Jakarta–Bandung adalah 140,9 km. Di setiap stasiun, lanjut Hanggoro, akan dibangun Transit Oriented Development (TOD) untuk mendorong lahirnya sentra ekonomi baru di koridor Jakarta–Bandung. Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri LHK Siti Nurbaya, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Direktur Utama KCIC Hanggoro menerangkan kepada Presiden RI beserta pejabat terkait mengenai kereta cepat


Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menjelaskan TOD kepada Menteri BUMN Rini Soemarno

Sehari sebelumnya, (Rabu, 20/1) Direktur Utama KAI Edi Sukmoro beserta jajaran mengecek kesiapan lokasi groundbreaking kereta cepat bersama Menteri BUMN Rini Soemarno. Selanjutnya, Edi beserta jajaran melakukan kunjungan di Sta Maswati dan Rendeh sebagai stasiun yang terdekat dengan lokasi groundbreaking. Di stasiun-stasiun tersebut Edi menginstruksikan kepada para pegawai di sana untuk mempersiapkan diri dalam segala hal guna menyambut perkembangan pembangunan kereta cepat.


Source : https://kereta-api.co.id
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Days Count

Clock

Total Tayangan Halaman

Viewers Income Monitor

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran