Berbagi Informasi Tentang Dunia Perekeretaapian Dan Penerbangan

Selasa, 26 Januari 2016

Garuda Indonesia dan SkyTeam akan Beroperasi di Terminal 3 Ultimate


(Foto : Istimewa)

Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta Jakarta akan mengoperasikan Terminal 3 Ultimate pada Mei 2016. Rencananya, Terminal 3 Ultimate akan ditempati oleh maskapai penerbangan Garuda Indonesia baik untuk penerbangan domestik maupun internasional, maskapai penerbangan anggota SkyTeam, dan maskapai penerbangan lain yang melayani penerbangan internasional.
Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa seluruh penerbangan internasional yang selama ini dilayani di Terminal 2D dan Terminal 2E akan dipindahkan ke Terminal 3 Ultimate paling lambat Januari 2017. “Terminal 3 akan kita prioritaskan bagi Garuda Indonesia dan maskapai SkyTeam, termasuk maskapai asing, untuk penerbangan domestik dan internasional,” ungkap Budi.
Sementara itu, operasional maskapai penerbangan AirAsia dan Lion Air yang selama ini menampati Terminal 3 akan dipindahkan ke Terminal 1 dan Terminal 2. Lion Air misalnya, seluruh penerbangannya akan beroperasi di Terminal 1, sedangkan AirAsia akan menempati Terminal 2. “Lion Air ke Terminal 1 dan AirAsia ke Terminal 2. Nanti di Terminal 2 seperti sekarang ini plus AirAsia, kecuali Garuda Indonesia dan member SkyTeam,” paparnya.
Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura II Faik Fahmi mengatakan, pada tahap awal Terminal 3 Ultimate hanya akan menampung sebanyak 15 juta penumpang per tahun. Namun, perusahaan akan terus melakukan pengembangan sehingga terminal ini bisa menampung hingga 25 juta penumpang per tahun. Dari total kapasitas 25 juta penumpang itu, sebanyak 18 juta penumpang dialokasikan untuk Garuda Indonesia dan maskapai penerbangan anggota SkyTeam, sedangkan maskapai lain dengan rute penerbangan internasional mendapatkan jatah kapasitas 7 juta penumpang per tahun.
Menurut Faik, Angkasa Pura II memang sengaja memberikan Terminal 3 Ultimate kepada Garuda Indonesia untuk melayani rute penerbangan domestik karena jika hanya untuk melayani penerbangan internasional kapasitasnya terlalu besar. Selama ini jumlah penumpang penerbangan internasional dari Bandara Soekarno-Hatta hanya mencapai 12 juta penumpang per tahun. “Jadi selama periode Mei-Desember akan ada dua tempat untuk penerbangan rute internasional Terminal 2 dan Terminal 3 Ultimate,” ujarnya.

Source : Indo Aviation
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Days Count

Clock

Total Tayangan Halaman

Viewers Income Monitor

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran