Berbagi Informasi Tentang Dunia Perekeretaapian Dan Penerbangan

Kamis, 15 September 2016

MOTOR DIESEL PADA LOKOMOTIF DI INDONESIA

(Sumber : google.com)


         A.  Motor Diesel
          Besar daya motor diesel yang pernah digunakan pada lokomotif di Indonesia adalah 100 HP pada lokomotif Kebo Kuning yang digunakan untuk langsir di dalam bengkel Manggarai, sedangkan motor diesel terbesar sampai sekarang adalah 2250 HP pada lokomotif CC 202 dan CC 205 yang digunakan untuk menarik kereta api batubara di Sumatra Selatan. Secara rinci besar daya untuk setiap lokomotif dapat dilihat pad data teknik masing lokomotif.
          Berbagai tipe dan ukuran daya motor diesel yang digunakan pada lokomotif di Indonesia, dibuat oleh berbagai pabrik sesuai dengan asal negara pembuat, yang digolongkan menjadi : 

1.   Motor diesel merk Motoren und Turbinen Union Friedrichshafen    GmbH (MTU), Maybach   Mercedes Benz dan Komatsu-Cummins untuk lokomotif dari Jerman, Austria, Swiss dan Jepang. 

2.   Motor Diesel General Motors, Eloctro Motive Diesel untuk lokomotif diesel elektri GM dan EMD Kanada dan Amerika serta motor diesel General Elektrik untuk lokomotif GE Amerika dan PT General Electric Technology Indonesia
      Motor diesel tersebut merupakan motor diesel putaran rendah yang pada umumnya mempunyai ukuran dimensi besar dan bobot yang berat
          Selanjutnya apabila dilihat dari jenis dan cara kerja motor diesel pada lokomotif di Indonesia dapatdigolongkan menjadi :


1.Motor Diesel 2 Langkah
          Jenis motor diesel ini digunakan pada lokomotif General Motors yaitu Lokomotif BB200, BB201, BB202 dan CC202. Motor diesel ini menggunakan blower untuk mengalirkan udara ke ruang pemasukan udara ke mesi (intake system), sehingga digolongkan sebagai blown engine.
2.Motor Diesel 4 Langkah
          Jenis motor diesel 4 langkah digunakan pada sebagian besar lokomotif di Indonesia, yaitu lokomotif dari Jerman, Swiss, Austria, Jepang dan Amerika. Dengan seri BB300, BB301, BB302, BB303, BB304, BB305, BB306, BB203, BB204, CC201 dan CC203 serta CC204.
          Motor diesel 4 langkah ini menggunakan Turbocharger, yaitu alat yang diputar oleh aliran gas buang untuk memompa udara ke dalam ruang bakar motor diesel. Udara bertekanan tinggi yang masuk ke ruang bakar motor diesel ini akan meningkatkan kinerja motor diesel, sehingga daya keluarannya yaitu Horse Power menjadi lebih tinggi dibanding bila tidak menggunakan Turbocharger
Contoh penggunaan motor diesel :
1        1.   Motor diesel MTU tipe 12V652, TB11, yaitu motor diesel yang digunakan pada lokomotif diesel   hidrolik BB304 dengan keluaran daya maksimum 1550 HP.
          Motor diesel ini merupakan mesin 4 langkah yang mempumyai 12 silinder (piston) dengan susunan 6 buah miring ke arah kiri dan 6 buah ke arah kanan yang membentuk V, tipe 652 serta menggunakan Turbocharger tipe 11. Putaran motor diesel ini pada waktu tanpa beban (idle) adalah 620 RPM  dan pada putaran maksimum adalah 1555 RPM.
          Motor diesel tipe baru dari MTU 12V 4000 R41R yang mempunyai output daya 1850 HP mulai diterapkan pada rehab lokomotif BB 304 23 menjadi BB 304 84  07R. Keunggulan motor diesel tipe baru ini adalah sudah menggunakan system penyemprot bahan bakar elektronik yang disebut Electronic Fuel Injection (EFI) System, sehingga akan lebih menghemat bahan bakar dan bersifat rendah emisi


      2.   Motor diesel GM 645-E  merupakan mesin 2 langkah yang digunakan pada lokomotif diesel elektrik CC 202 dengan daya keluaran maksimum 2250 HP. Motor diesel ini mempunyai 16 silinder (piston) dengan konstruksi V, menggunakan blower dan putaran mesin idle adalah 315 RPM dan putaran maksimum adalah 900 RPM. Motor diesel baru telah diterapkan pada lokomotif CC 205 yaitu tipe 8-710G3A yang menggunakan Turbosupercharger, sehingga dengan jumlah silinder (piston) 8 buah dapat menghasilkan daya yang setara dengan lokomotif CC 202. Mesin diesel tipe baru ini juga sudah menggunakan system EFI sehingga pembakaran lebih sempurna, efektif dan rendah emisi atau ramah lingkungan.
Sekian informasi mengenai Motor Diesel pada lokomotif di Indonesia yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi para pembaca dan menambah wawasan tentang Perkeretaapian Indonesia....




Kritik & Saran : toyotominaufal@gmail.com
FB :  Argo Breinnozomi Naufal Lawu
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Days Count

Clock

Total Tayangan Halaman

Viewers Income Monitor

Diberdayakan oleh Blogger.

Wikipedia

Hasil penelusuran